Memiliki fungsi untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi mahasiswa serta memberikan perlindungan dan keamanan bagi mahasiswa, membantu untuk mengadvokasikan aspirasi maupun laporan mahasiswa kepada pihak Lembaga atau pun pihak terkait agar dapat memberikan solusi maupun penyelesaian permasalahan yang dialami oleh mahasiswa di ruang lingkup Politeknik Negeri Sriwijaya.
Bertanggung jawab memimpin departemen melalui penyaluran aspirasi, advokasi, dan pelaksanaan program kesejahteraan mahasiswa.
Bertanggung jawab mengelola administrasi, koordinasi internal, dan mendampingi kepala departemen dalam pelaksanaan program dan advokasi mahasiswa.
Program kerja Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (ADKESMA) disusun untuk memperjuangkan dan meningkatkan kesejahteraan mahasiswa, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Departemen ini menjadi wadah penyaluran aspirasi, advokasi hak-hak mahasiswa, serta fasilitator penyelesaian permasalahan yang dihadapi mahasiswa di lingkungan kampus.
Sebagai wadah untuk menampung,menyalurkan dan menindaklanjuti setiap aspirasi Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya.
Membangun sinergi dan komunikasi serta menampung berbagai aspirasi antar ormawa se-Polsri secara kolaboratif dan berkelanjutan.
Menghubungkan mahasiswa dengan layanan konseling kampus saat membutuhkan bantuan psikologis.
Menjadi penghubung antara mahasiswa dan satgas ppkpt dalam memberikan perlindungan serta kenyamanan bagi mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya.
Merupakan bentuk aksi mengumpulkan dana dalam membantu membangun masjid Ath-Thuroiqi dan membantu mahasiswa yang kesulitan dalam membayar UKT.
Program kepedulian terhadap kesejahteraan mahasiswa melalui mediasi serta membantu memberikan solusi dengan didampingi secara langsung.